A

A
Breaking News
recent

Kesenian Sumatera Barat


Kesenian Sumatera Barat

Tarian Sumatera Barat memiliki banyak ragam gerakan dan makna; masing-masing jenis tarian memiliki konsep atau latar belakang, mulai dari tarian untuk persembahan sampai tarian pergaulan yang ceria. Tari kesenian dari Sumatra Barat juga banyak yang dipengaruhi oleh kedinamisan gerakan pencak silat, dimana konsep pencak dalam silat Minangkabau ‘dipinjam’ atau bahkan diaplikasikan langsung dalam gerakan tarian.
Berikut adalah beberapa jenis tarian yang merupakan ciri khas Sumatera Barat.
1. Tari Alang Babega

 Tari alang babega menggambarkan burung elang yang sedang terbang dan kemudian menukik menyambar anak ayam di tanah. Tarian ini biasa dibawakan berkelompok dan bisa oleh penari lelaki maupun perempuan.



2. Tari Randai


Tari randai merupakan tari kesenian Sumatra Barat yang unik, karena sebenarnya lebih merupakan sebuah seni gabungan antara pencak silat, seni drama atau tutur, tarian dan musik. Penarinya banyak dan kini sering melibatkan penari perempuan (dulu biasanya hanya ditarikan lelaki). Tarian ini menggambarkan kisah-kisah atau cerita rakyat dan kini sering ditampilkan saat Idul Fitri.

Budaya Sumatera Barat 
Kekayaan seni budaya Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat ini harus terus di lestarikan dan harus mendapat perhatian lebih oleh pemerintah setempat khususnya sehingga nantinya bisa menarik wisatawan. Kebudayaan Sumatera Barat harus diperkenalkan dan dipromosikan karena bagian dari kekayaan budaya indonesia. Salah satu even untuk mempromosikan budaya Sumbar adalah dengan terselenggaranya Pekan Budaya Sumatera Barat. Selain mengenalkan budaya propinsi Sumbar kepada masyarakat lokal juga untuk wisatawan yang berkunjung ke propinsi ini.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.